About Me
Name: dee
Home: Bandung 1/2 Jakarta, Jawa Barat, Indonesia
About Me: Simple.. Easy going.. but a li'll bit moody sometimes
See my complete profile
Previous Post
Archives
Shoutbox

Name :
Web URL :
Message :

Links
Powered by

Isnaini Dot Com

BLOGGER

 

 

 
  Monday, November 20, 2006  
 
 
Bush Effect
George. W. Bush. Who the hell is he?... Beberapa orang menyaebutnya the real terrorist. Beberapa orang menyebutnya orang yang paling berkuasa dari Negara adikuasa. Well, siapa pun dia. Aku hanya mengenalnya sebagai president USA yang super power. Mengenai siapa jati diri dia sebenarnya.well who cares... that's not my problem anyway. Bukannya aku kurang peduli terhadap masalah social ya.. (well.. mungkin iya..) Hanya saja aku berfikir masih banyak hal yang harus kita perhatikan dan hal ini lebih baik dimulai dari lingkungan yang terdekat, dari pada sibuk menghakimi orang yang hanya familiar kita lihat dalam media.

ok.. enough untuk omong kosong nya (gee.. tak sadar aku sudah menghabiskan satu paragraf untuk menuliskan hal yang kurang berguna). To the point ya.. yang ingin aku soroti disini adalah kunjungan Bush ke negeri kita ini. Dan maaf.. ini bukan sekedar ikut-ikutan media yang sedang gencar-gencarnya menyoroti masalah ini. Hanya saja, mau tidak mau.. hal ini mengakibatkan efek yang tidak langsung terhadap kehidupan banyak orang. Hanya karena 'Satu Orang' saja. Gosh...!!

Hal yang ingin aku sorot adalah pengawalan super ketat yang melebihi konferensi2 penting dunia yang dihadiri oleh banyak kepala negara. Tapi Kunjungan Bush kali ini seperti Sesuatu hal yang sangat Istimewa. Well... look.. sudah berapa lama sih negara kita menjadi tuan rumah atas konferensi tingkat dunia?.. Lumayan banyak bukan?.. Tapi apakah pernah, sampai semua warga satu kota di penjara dalam rumah mereka sendiri.. dan dilarang melakukan aktifitas rutin seperti biasanya. Humm menarik bukan?.. Tahu tidak arti kalimat yang di bold itu seperti apa?.. Dari sudut pandang ku.. deretan kalimat itu berarti Kerugian.. Lumpuhnya kegiatan ekonomi.. Terhambatnya pasokan income pada kas negara.. pemangkasan kreatifitas dan pemberdayaan SDM.. Juga pengrusakan sebuah fasilitas yang seharusnya menjadi sebuah kebanggaan sebuah kota.. atau mungkin negara. Aku membahas tentang Kebun Raya Bogor disini.

Ok.. Kita bahas satu-satu ya. Penghentian aktifitas yang dihimbaukan pemerintah setempat pada warganya. Membuat masyarakat Bogor seperti dipaenjara dalam rumah mereka sendiri. Dilarang melakukan aktifitas membuat kota bogor kehilangan pendapatan, dan beberapa institusi didalamnya mungkin menderita kerugian. Hal ini mungkin kerap dirasakan dari pihak ORGANDA yang biasanya mengeluarkan kendaraan umum mereka dengan angka diatas 3000 unit.. Namun dengan adanya 'tamu agung' ini, tidak menutup kemungkinan kendaraan yang beroperasi hanya berkisar antara angka 200-an. Silahkan hitung sendiri saja pendapatan yang hilang dari kantong ORGANDA. Ini hanya contoh kecil. Mungkin masih banyak lagi institusi lain yang menderita kerugian yang serupa. Dan jika mau menengok lebih bawah lagi.. aku beritahu apa yang mungkin terjadi. Para tukang becak dan tukang ojek.. menderita kelaparan karena mereka tidak bisa mencari nafkah pada hari ini. Berkilo-kilo sayuran menumpuk dan membusuk karena pasar tidak beroperasi. Dan anak-anak sekolah menghentikan aktifitasnya otaknya karena kegiatan belajar mengajar kemungkinan besar juga diliburkan.

Dan yang paling menarik perhatian ku adalah. Dirusaknya Kebun Raya Bogor... untuk kemudian dibangun landasan helikopter yang akan mengantar Bush tiba di kota Bogor. OMG... rasanya ingin teriak...!! Memagnya siapa siih dia.. kedatangan yang hanya sepuluh jam saja bisa sampai merusak Kebun Raya yang telah dibangun semenjak masa pemerintahan Prabu Siliwangi. Ya Ampun... as you know ya.. Kebun Raya ini harus nya menjadi kebanggaan negara.. karena merupakan taman botanical terbesar. Dan hal ini harus nya dipelihara.. bukannya dirusak. Kerasnya angin yang timbul akibat perputaran baling-baling bisa mempengaruhi tanaman yang ada disekitarnya. Tanaman yang sudah hidup jauh sebelum Bush lahir. OMG... apa siih yang ada di otak para pemerintah kita itu?. Jika kita berani merusak assets sendiri demi menyambut kedatangan orang asing yang berasal dari antah berantah.. Merusak warisan yang berumur ratusan tahun hanya demi laki-laki aneh yang hanya akan singgah 10 jam saja?.. apakah itu adil???... Atau mungkin ini juga menjadi cerminan bagaimana bangsa ini manghargai diri sendiri terhadap tamu asing?. Wise..!!

Dan yang terakhir. Gara-gara Bogor di isolasi. Maka banyak dari karyawan kantor ku yang cuti darurat hari ini. Akibatnya hari ini aku mendapatkan tugas special berupa limpahan dokumen yang membuat mejaku jadi overload. Arrrkkhhhh.....!!!

Well.. semoga saja kedatangan Bush bukan merupakan hal yang sia-sia bagi negara kita ya. Semoga semua kerugian ini bisa tergantikan. Dan Semoga pemerintah kita bisa lebih memikirkan hal lain yang lebih "masuk akal" bila ingin menyambut tamu asing.
posted by dee @ 3:04 PM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home